Eggless Fluffy Donut




Donat tanpa telur ini enak sekali, walau tanpa telur tapi lembut dan enak seperti donat yg menggunakan telur, mirip donat kentang loh...beneran ...ga percaya? coba bikin ya,
nih resepnya.

 EGGLESS FLUFFY DONUT
By: Rani Fadilla

Bahan:
- 250 gr tepung protein sedang (segitiga biru).---> aku tadi pakai 300gr
- 180 ml susu cair hangat.* --> aku tadi pakai 100ml susu cair + 80ml air
- 25 gr gula pasir.* --> aku tadi 2 sdm
- 1 sdt ragi instan.*
* Campur jadi satu, aduk rata. Diamkan sampai biang mengembang & berbusa.
- 1/2 sdt garam. --> tadi aku skip
- 25 gr mentega/margarine.

Cara_Membuat:
1. Campur tepung + larutan biang (*), aduk rata sampai setengah kalis. Tambahkan garam + mentega, aduk rata. Uleni sampai kalis elastis & mulus. Bulatkan.

2. Proofing adonan sambil ditutup selama 30-60 menit sampai mengembang 2x (saya hanya sampai 40 menit, adonan sudah naik)

3. Kempeskan adonan, uleni kira2 10-15 menit sampai lentur kembali. Cetak adonan. Diamkan kurang lebih 20 menit. Di 5 menit terakhir fermentasi kedua, panaskan minyak yang banyak dengan api kecil-sedang.

4. Goreng donat dengan hanya 1x balik setelah satu sisi berwarna keemasan. Angkat, tiriskan. Hias donat setelah sejuk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Observasi Anak di Star International School "Sekolah Ayah Edy"

Risoles Singkong Ayam

Cake Hantaran for Emil dan Dayat