Latbar Bakso Sehat

Awalnya ga PD ngadain latbar bakso, karena aku buka orang yg ahli di bidang perbaksoan :P. tapi karena ada beberapa teman yg mendesak untuk diajari , akhirnya memberanikan diri untuk mengadakan latbar sendiri. sebenarnya tahun lalu sudah pernah juga diminta menjadi pengajar di latbar group DSI (dapur sehat ibu) di FB. kebetulan aku mengajar bakso, jadi ada sedikit pengalaman deh :).

Latbar bakso ayam dan bakso sapi baru aja berlangsung tgl 31 Januari kemarin. ada 8 peserta yg pintar2 dan penuh semangat untuk belajar membuat bakso, ada teman kantor dulu, ortu terapi emir, teman group kuliner di FB bahkan ada bu Maryam Kalangi yg sudah senior di dunia perbakingan, sempat grori dan malu sebenarnya dihadapan beliau, karena beliau kan sudah senior sekali, bahkan sudah 3 buku masakan yg beliau karang, wuih keren ya. tapi bu Maryam menyakinkan aku bahwa menuntut ilmu jangan pernah berhenti dan dengan siapapun juga, salut banget deh dengan ibu satu ini, luar biasa semangat belajarnya dan sangat down to earth aka low profile :).

Acara dimulai pukul 10 pagi, molor 1 jam karena menunggu beberapa peserta yg belum datang, sesi awal membuat bakso sapi dari proses, menimbang, memblender hingga memasak bakso. pada saat sesi membentuk pentol bakso banyak kejadian yg lucu, ada yg baksonya besar ada yg kekecilan dll :).
sesi kedua membuat bakso sapi, semua sangat memperhatikan acara banting membanting yg saya lakukan :D.

Makan siang peserta menyantap bakso sapi yg baru saja jadi, dan pulangnya mereka membawa bakso sapi dan bakso ayam beserta bahan pelengkap seperti mie, sawi, tauge, bihun dan daun bawang serta bawang goreng. Kebetulan ada bu maryam langsung deh aku tembak untuk ngadain latbar mie ayam sehat, alhmdulillah beliau setuju :D. next latbar bulan maret kita akan buat mie ayam pelangi, cihuy.

Bakso Daging Ayam

adaptasi resep dari justtryandtaste.com

Untuk + 40 buah bakso

Bahan bakso:
- 500 gram daging ayam fillet/daging cincang (bagian dada)
- 125 ml air es/es batu
- 1 sdm kecap ikan/kecap asin
- 1 sdt garam, tambahkan jika kurang asin
- 1/2 sdm gula pasir 
- 1/2 sdm minyak goreng
- 4 sdm tepung maizena
- 1  sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt kaldu bubuk (optional)

Lainnya:
- Air es untuk merendam bakso 

Bahan kuah:
- 2 liter air kaldu dari air rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
- 2 sdt kaldu bubuk 
- 5 siung bawang putih, haluskan
- 2 sdm kecap ikan/asin
- 1 sdt merica bubuk
- 2 sdt garam
- 2 batang daun bawang
- bawang merah goreng sebagai taburan
- minyak untuk menumis

Cara membuat bakso ayam :

1.       Potong-potong daging ayam kecil-kecil, haluskan daging menggunakan food processor / blender sambil menambahkan air es sedikit demi sedikit sampai daging halus dan membentuk gumpalan. Angkat.
2.       Siapkan mangkuk besar, lalu tuang daging yang telah digiling kedalamnya.
3.       Siapkan mangkuk kecil, masukkan kedalamnya sisa air es, tepung maizena, garam, gula, kecap ikan, baking powder, baking soda, kaldu bubuk, merica, dan minyak goreng. Aduk rata.
4.       Tambahkan adonan tepung tersebut ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan meresap. Kemudian aduk kembali hingga adonan daging dan tepung tercampur merata.
5.       Siapkan air es dalam mangkuk kecil ( untuk mencelupkan tangan anda). Ambil adonan dalam mangkok besar. Kemudian banting-banting adonan kedalam mangkok tersebut ±10 kali atau hingga adonan terasa lembut dan kenyal.  Fungsi dari membanting-banting adonan agar serat daging telepas dan tidak saling menggumpal. Disaat tangan anda membanting-banting adonan terasa lengket, celupkan tangan anda kedalam mangkok berisi air es.
6.       Tutup mangkok berisi adonan menggunakan plastik. Masukkan ke dalam freezer ±30 menit.
7.       Keluarkan adonan dalam freezer, didihkan air ,setelah mendidih, matikan api.
8.       Siapkan juga 2 sendok untuk makan. Kemudian ambil 1 sendok adonan dan lepaskan adonan dalam sendok menggunakan sendok lainnya. Bentuk adonan menjadi bulatan, masukkan kedalam air yang telah dididihkan sebelumnya. lakukan berulang-ulang sampai adonan habis.
9.       Hidupkan kembali api, rebus bakso menggunakan api kecil, jaga agar air tidak mendidih hingga bergolak. Masak hingga bakso mengapung dan matang tentunya.
10.   Siapkan mangkuk besar berisikan air es. Angkat bakso menggunakan saringan kawat. Kemudian masukkan bakso kedalam mangkuk berisi air es yang telah disiapkan.
11.   Bakso siap untuk disantap, atau disimpan dalamd freezer untuk dikonsumsi lain waktu.

 Cara membuat kuah bakso ayam :

1.       Panaskan 1 sdm minyak goreng, tumis bawang putih halus hingga matang dan mengeluarkan aroma harum. Angkat.
2.       Siapkan panci. Masukkan air kaldu, tambahkan juga bawang putih yang telah ditumis, kecap ikan, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Rebus sampai mendidih. Masukkan bakso ayam, tambahkan daun bawang. Angkat
3.       Tuangkan bakso berikut kuahnya kedalam mangkuk. Taburkan bawang goreng diatasnya.
4.       Sajikan dengan menyertakan sambal dan saus.

BAKSO SAPI 

Bahan bakso :
500gr daging yg sudah dipotong kubus dan dibekukan di freezer.
100gr batu es
8sdm tepung sagu / blh ganti tapioka
8 siung bawang putih halus
4 siung bawang merah halus
1sdt merica bubuk
2sdt kecap asin
1sdm kecap ikan
1sdt kaldu (ini pake ass*ltan)
1sdt baking soda
1 1/4 sdt baking powder
1sdt gula pasir


Cara :
1. Blender smpai halus daging dengan batu es dengan bumbu2. Giling dagingny 250gr terlebih dahulu lalu lanjut tahap kdua 250gr lagi.
2. Lalu tuang adonan ke dalam wadah, aduk sebentar smpai smua homogen.
3. Simpan dalam keadaan tertutup di dalam freeezer selama 30 menit
4. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Matikan api kompor. Lalu saat air kondisi hangat, cetak bakso bulat2. Langsung cemplungin ke dalam air panas.
5. Cara mencetak bakso adalah, rendamkan tangan dengan batu es supaya adonan tidak lengket di tangan.
6. Setelah smuanya selesai dibulatkan, rebus kembali bakso di kompor dengan api kecil. Nanti bakso akan terlihat mengembang dan mekar. Apabila sudah kecoklatan tidak merrah lagi maka ini tanda sudah matang. Siap dinikmati.
7. Jika bakso ingin dijadikan frozen food, maka bakso rendam dulu di dalam air berisi es smpai baksony terasa dingin, baru simpan di plastik dan taroh di freezer. Nanti kl mau dinikmati bs direbus kembali bersama kuah bakso.

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Observasi Anak di Star International School "Sekolah Ayah Edy"

Pink Black Forest for Hj. S. Astika

Cake Hantaran for Emil dan Dayat