Kerja vs Bisnis

   Pernah nonton DC cupcakes? beberapa bulan yg lalu pertama kali nonton reality show ini di tv, ceritanya tentang ade + kakak yg resign dari kerjaanya dan mendirikan toko kue dengan nama Georgetwon cupcake di Washingtown, dengan modal nekat dan resep turunan dari sang nenek serta menghabiskan uang tabungan mereka untuk mendirikan toko kue kecil di pinggir jalan yg mana dalam waktu setahun sudah bisa memperbesar toko mereka dan menjadi sukses.
   Sebelum nonton acara ini aku dah suka banget dengan sodaranya cupcake si muffin (hehe), pas nonton acara ini aku jadi tambah suka sama si cupcake daripada si muffin (toppingnya itu loh yg lucu and gemesin banget). Duuuluuu banget waktu masih kuliah aku dah bercita2 ga mau jadi corporate slave (istilah kerennya kerja kantoran) seumur hidup sampe pensiun. Aku tuh dah ngebayangin kalo suatu saat aku kerja ngumpulin duit terus buka usaha or doing something yg menghasilkan uang without have to work on a company. Beberapa tahun yg lalu aku resign dari kerjaan and get married, ga lama kemudian kerja lagi and resign lagi karena aku ngerasa kok dah ga enjoy ya kerja...hatiku tuh dah ga banget deh kerja maunya usaha apaa gitu. Waktu kuliah and kerja aku dah coba beberapa MLM (banyak orang alergi dengan ini tapi aku ga), waktu sekolah dari SMP sampe kuliah aku juga sempat jualan di kelas (macem2 deh). Intinya aku suka banget soal jual menjual ini (mungkin karena keturunan orang padang kali ya..hehe). Akhirnya tanpa sengaja aku jualan online kali ini baju, pertama aku jualan di FB ini wah ga nyangka dari ga modal apa2 (aku jual baju second) ternyata bisa menghasilkan lebih dari gajiku terakhir dalam sebulan, kemudian aku hamil dan aga parah karena aku sering muntah2 sampe 9 bulan, jadilah jualanku ga diperhatiin and terbentur dengan biaya juga yg lumayan karena aku dah ga jual baju second lagi tapi baju baru yg up to date setiap hari ditambah semakin banyak banget yg jualan di FB. Sambil jualan baju aku juga jualan buku...nah ini hobbyku yg dah lamaaaa banget sejak jaman masih polos belum kenal cowok :)..aku dah ngoleksi buku2 komik dan novel. Sejak punya anak buku2 ini aku cuekin ga terurus dan terbaca (wuelah bahasa aneh..hehe), akhirnya dengan rela hati aku jualah harta kesayanganku ini.       Setelah jalan beberapa bulan walau ga menghasilkan sebanyak jualan baju aku ga bisa full concern in selling because i've to take care my son yg masih baby, Akhirnya ini pun ga berjalan dengan mulus...aku juga sempat nyoba and ada rencana pengin jualan ini or itu.
Selama ini my beloved husband selalu ngedukung apapun yg aku kerjakan, sampai dia bilang gini " terserah kamu kalo ga mau kerja lagi and mau usaha di rumah sekalian bisa jaga Emir full time, tapi kalo mau melakukan sesuatu itu yg bener2 serius jangan setengah2...selama ini kamu seperti itu ntar bosan ini mau yg itu pada akhirnya ga ada yg bener2 diseriusin". Aku sempat merenungkan hal ini lamaaa banget berhari2 dan berbulan2, aku sadar bahwa itu semua benar...aku gampang banget bosan and berubah jadi ga ada yg benar2 aku seriusin (untungnya ga bosan sama suamiku ya...hehe). Nah balik lagi ke Cupcake tadi (wuihh...panjang amat ya) sebenarnya dari masih SD aku tuh dah sukaa banget sama yg namanya baking or bikin kue...dulu kalo mau lebaran nenek, mama and uni tuh suka bikin kue...aku senang banget ngeliatin and ngabantuin bikin...ini berlanjut sampai aku kuliah, aku senang nyoba2 resep and ngumpulin resep dimana aja sampai aku kliping gitu. Oh btw waktu sweet seventeen aku bikin sendiri semua kuenya (black forest and pudding, spageti and ice cream) walau bikinnya pake tepung pondan yg dah tgl di mixer sama telur and mentega, tapi ga bantet loh...hehehe. Karena dah jadi fulltime mother or house wife, aku jadi banyak waktu untuk melakukan hobby yg satu ini (hobby lama yg on and off karena aku orangnya malas :D), hampir tiap hari kalo mau kerja aku selala masak buat bekal makan siang suami, sampai suatu hari my parents said like this "rin masakan kamu tuh akhir2 ini makin enak deh" (wah senang dong dipuji, masa ga sih)...nah aku nyadar kalo terus latihan dari ga bisa sama sekali pasti lama2 jadi jago or ahli. Terus aku tambah suka deh ngumpulin resep sama nonton acara masak kaya Master Chef, Hells Kitchen and many more.
   Waktu nonton DC Cupcakes (suamiku juga suka acara ini, dia emang suka acara kuliner juga sih) aku bilang gini "Hon, kita buka usaha cupcakes aja yuk" (pikirku kue ini khan masih asing di Indonesia...prospeknya mungkin aja bagus karena rasanya enak). waktu itu suamiku ga respon banget cuma bilang "he eh..terserah kamu" (bosan kali ya sama istrinya yg suka gonta ganti rencana...hehe). akhirnya tibalah petunjuk dari Allah...(yg namanya petunjuk atau jalan dari Allah itu sebenarnya ada dimana2 cuma terkadang kita yg tidak sadar dan terlalu takut untuk meraihnya, jadi jangan bilang belum dikasih jalan or petunjuk sama Allah...coba deh perhatikan baik2 di sekeliling kita setiap hari sebenarnya Allah telah memberika jawaban atas doa kita...cuma terkadang kita ga sadar sebenarnya itu yg kita cari. Allah Maha Pemurah dan Maha Pengasih...kalo kita benar2 melihat dengan kejujuran dan kepolosan semua yg kita inginkan sudah ada petunjuknya..cuma tinggal bagaimana kita mau meraihnya dan berusaha menjadikan mimpi dan keinginan kita terwujud. Rabu lalu aku beli oven (akhirnya bisa punya oven juga) walau oven tangkring atau oven yg di tangkringin diatas kompor. Selama ini aku bikin kue pake oven panci punya mama...cuma kendalanya karena kecil (khusus buat bikin bolu) jadi kalo bikin cupcake harus bolak balik angkat jadi berjam2 kalo bikin banyak. Oven tangkring ini or si Otang ternyata ga gampang juga loh menggunakannya so aku googling deh di google tentang cara or trik menaklukan si Otang...and i stopped at this blog chefwannabe.wordpress.com, blog ini punya Yulia Riani...dia ownernya maki cakes. Aku benar2 salut sama ibu ini she's 5 years younger than me...tapi dia dah sukses dengan usaha kue rumahannya yg per bulan omsetnya bisa mencapai 20juta mungkin lebih sekarang. Dia memulai semuanya dari bawah sama kaya aku yg hobby bikin kue...sambil kerja, belajar kursus kue sampai akhirnya dia memberanikan diri serius buka usaha kue...semua dikerjain dengan tekad yg luar biasa...(aku sampai sekarang baca blognya belum selesai...karena panjang and banyak banget...).
   Akhirnya aku sadar, aku tuh punya banyak waktu kenapa aku ga melakukan sesuatu yg berguna and menghasilkan dan mempunyai arti...usiaku dah kepala 3 (Bukan kepalanya 3 loh) mau kerja juga dah susah karena kalo untuk staf pasti dicari yg masih muda2 alias kepala 2..hehe. mau jadi manager pengalamanku belum banyak sebagai manager...dan aku juga dah ga minaaatt abis sama yg namanya kerja lagi. kalo kata pak Mario Teguh " lakukan pekerjaan yg kamu sukai (hobby) karena anda melakukannya dengan hati" ( kalo ga salah begitu deh..lupa2 ingat) intinya apabila kita melakukan pekerjaan berdasarkan hobby kalo serius itu akan menjadikan luar biasa..kita ga pernah merasa lelah karena kita mengerjakan hal yg kita suka or cintai...semua dilakukan dengan hati bukan cuma karena uang. Akhirnya beberapa hari yg lalu aku ngomong sama suamiku and aku benar2 merasa inilah yg aku cari selama ini.   Alhamdulillah...mamaku juga mendukung niatku ini...ini bukan hobby baru tapi sebenarnya sejak dulu aku dah suka dengan hal2 yg berhubungan dengan membuat kue...so to all my family and friends give me your support ya...and doanya semoga aku bisa menjalankan bisnis kue ini dengan baik...sekarang aku masih belajar membuat kue terus tapi kalo ada yg mau pesan boleh kok...aku usahin rasanya enak kok...hehe...bener loh aku sering kasih tester ke tetangga yg kebetulan punya usaha catering jadi dia tuh kalo bilang enak berarti enak klo ga dia diam aja ga bilang apa2 ke aku..hehe. well..that's all for now..next time aku share lagi cerita2 tentang pengalamanku bikin kue ya...ciao.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Observasi Anak di Star International School "Sekolah Ayah Edy"

Pink Black Forest for Hj. S. Astika

Cake Hantaran for Emil dan Dayat